Tiadanya Konsentrasi Dalam Belajar

Cara mengatasi problem tidak konsentrasi :

1. Meminta pertolongan Allah dari gangguan kegelisahan, kesedihan, dan kembali kepada-Nya dengan berdo’a agar dihilangkan darinya semua itu. Dan yakin bahwasanya Allah Yang Mahasuci lagi MahaTinggi akan menghilangkan kegelisahan dan kesedihannya serta akan memudahkan baginya segala kesulitan.

2. Mencari cara untuk penyelesaian masalah-masalah yang mengakibatkan kesibukan tersebut. Dalam hal ini dengan meminta bantuan orang tua, saudara-saudara, serta sahabat-sahabat baik.

3. Mengubah posisi tempat duduk dan berupaya untuk berada di bangku paling depan yang sekiranya akan membantu untuk berkonsentrasi karena posisinya dekat dengan pengajar.

4. Mengubah posisi tempat belajar dirumah dan menjauhi tempat-tempat yang akan menyibukkan perhatiannya serta menghilangkan tempelan-tempelan di dinding yang akan menyebabkan ia hilang konsentrasi.

5. Membuat catatan penting dari penjelasan guru dalam bukunya selama ia mampu mengikutinya, serta berusaha mengingatnya ketika ia pulang kerumah.

6. Membuat ringkasan ketika belajar, karena hal itu akan membiasakannya untuk berkonsentrasi.

7. Belajar bersama dengan sahabat-sahabat yang berakhlak baik, karena dialog dan diskusi itu akan membantu untuk berkonsentrasi.

8. Menggunakan sarana-sarana pendidikan modern yang akan membantu untuk berkonsentrasi, diantaranya : komputer, kaset, dan video.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s