Persalinan ^^

Sudah lama tangan ini ga menuliskan apa yang ada dikepala🙂 … Mari kita buka tulisan pertama ini dengan menceritakan proses kelahiranku ^_^

Cuti pun dimulai tanggal 02 Desember 2013. Rencana saya akan melahirkan dirumah mama Lubuk Linggau, perjalanan kesana akan ditempuh dengan jalan darat selama 12 jam. Mari kita cerita kronologisnya yah ^_^ :

1. Jumat/ 29 November 2013, mama udah nyampe Pekanbaru, dua hari (Sabtu – Minggu) kita sibuk buat pindahan.

2. Senin / 02 Desember 2013 kami pulang dan semoga debay ga lahir dijalan😀 … Akhirnya jam 8 malem, nyampe rumah juga. Perjalanan jauh dengan perut yang udah besar itu sungguh suatu pengalaman yang amaizing, mulai dari pinggang yang pegal, maunya BAK terus, mau ditahan minumnya ga bisa …

3. Selasa / 03 Desember 2013 saya periksa ke Dokter Jasman SpOG (Saya memilih dia untuk membantu persalinan dikarenakan dia dokter yang sudah berpengalaman🙂 bahkan untuk sectio cesar, persalinan anak pertama ini buat deg – degan juga) … Setelah di USG, beliau memastikan saya bahwa debay nya Cowok dan HPL nya 22 Desember 2013, 2 dokter di Pekanbaru pun mengatakan hal yang sama …

4. Rabu / 04 Desember 2013, Saya masih santai saja dan berniat buat jalan pagi setiap harinya menjelang hari persalinan agar bisa melahirkan normal, bahkan tetap melakukan pekerjaan rumah. Perlengkapan debay juga belum dibeli kecuali yang dibawa dari Pekanbaru, rencananya hari Minggu, karena sepupu ingin ikut membelikannya juga.

5. Jam 12 Malam, Rabu / 04 Desember 2013, Saya seperti BAK ditempat tidur, saya langsung ketoilet buat memastikannya … saya pikir ini masih biasa saja, saya masih sempat shalat. Ternyata seperti itu lagi dan kali ini mengeluarkan darah, apa ini tanda – tanda mau melahirkan, tapi kenapa perut saya ga merasakan mulas – mulas. Akhirnya, bangunkan mama dan menyarankan buat telpon ke RS nya, pihak RS menyarankan setelah shalat subuh kesana. Menunggu waktu tersebut, saya ga bisa tidur lagi dan mulai merasakan perut yang mulas walaupun belum terlalu sering …

6. Kamis / 05 Desember 2013. Setelah subuh kami ke RS, setelah di cek ama bidannya ternyata masih bukaan 1 *Untuk ngecek bukaan, Hmmmm sakitnya bukan main jenderal, kalo dokter / bidannya akan ngecek bukaan, saya udah takut duluan* Dikarenakan masih bukaan 1 dan saya udah pecah ketuban serta berniat normal, maka akhirnya Induksi … Walah, setelah Induksi, rasanya makin sesuatu banget, debaynya seperti lari – lari dalam perut … Rasanya mau nyerah deh, mana muntah 2 kali, jadi apa yang dimasukkan keperut, semua keluar semua … udah lemas banget rasanya, udah minta maaf aja sama mama dan mohon doanya biar dilancarin semuanya … Induksi 4 jam (6 – 10 pagi), pas di cek bukaannya ternyata masih 1.5 dan dokter mengatakan juga masih jauh, air ketuban sudah mulai sedikit karena udah pecah ketuban jam 12 malam, diriku sudah mulai lemas juga … Akhirnya diriku memilih buat operasi. Dokternya mengatakan, jika ingin normal, ini masih lama dan beresiko juga karena air ketuban mulai kering.

7. Kamis / 05 Desember 2013, Akhirnya Jam 10 pagi diputuskan untuk Operasi, persetujuannya ditanda tangani Papa (Ayah masih di Tanjung Pinang ^^) … Di RS Bersalin Dwi Sari belum ada ruangan operasi , sehingga operasi akan dilaksanakan di RSUD yang letaknya lumayan jauh… Merasakan naik ambulance dengan pergerakan debay yang sesuatu itu buat diri ini pasrah seadanya (Udah lemas banget rasanya, apalagi ga ada makanan yang masuk). disitulah kulihat Papa dan Mama yang nangis karena melihat kesakitan yang diderita anaknya, betapa cinta mereka begitu besar.

8. Kamis / 05 Desember 2013, Akhirnya Jam 12 pagi operasi dilakukan, karena udah lemas akibat muntah 2 kali, ga ada rasa takut sedikitpun sewaktu akan dioperasi, udah pasrah betul diri ini. Pesan Papa, Pasrah yah nak dan jangan lupa berdoa ^^. Semua alat operasi sudah terpasang dan sudah disiapkan, dokter anastesi siap menyuntikkan bius di pinggang dan setelahnya pinggang kebawah mati rasa, dokter melakukan tugasnya bahkan sambil ngobrol juga … sangking ngantuknya karena ga tidur dari jam 12 malam, sempet – sempetnya mau tidur pas dioperasi, eh diajak ngobrol deh ama dokter anastesinya *mungkin takut, diriku kenapa – napa yah kalau tidur😀 … Jam 1 an gitu, debaynya langsung keluar dan tanpa disadari diri ini meneteskan airmata … Pas operasi itu yang terasa adalah waktu dokter menekan perutnya untuk mengeluarkan debaynya.

Jadi kalo ditanya, apakah operasi caesar itu menyakitkan, jawabannya ENGGAK, tapi setelah operasi dan obat biusnya hilang, maka rasa sakit itu dimulaaaaiiiii kawans, bahkan perawatan setelah operasi itu lama jendral, bahkan sampe sekarang masih suka terasa nyeri – nyeri … Niat awal adalah melahirkan dengan normal, tetapi apadaya tangan tak sampai😀.

Azzam waktu baru lahir ^^

1454748_10202896980252341_1001162996_n

 Azzam 4 bulan ^^

1902732_10203757167916495_851884324_n

4 thoughts on “Persalinan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s